Wednesday, March 1, 2017

Software yang Digunakan Dalam Alih media (Digitalisasi)

            Perkembangan teknologi dan informasi saat ini sangatlah cepat, dan banyak teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Perpustakaan sebagai lembaga yang melayani masyarakat harus dapat mengikuti perkembangan tersebut agar dapat melayani masyarakat (pemustaka) dalam memenuhi kebutuhan informasi. Dengan memanfaatkan kemajuan tersebut perpustakaan mulai beralih dari koleksi fisik/tercetak menjadi koleksi digital. Dan proses digitalisasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengubah koleksi tercetak menjadi koleksi digital. Digitalisasi koleksi dilakukan demi meningkatkan pelayanan serta menjadi langkah dalam preservasi koleksi.

            Dalam melakukan proses digitalisasi diperlukan perangkat pendukung berupa Hardware dan Software. Kali ini yang akan saya bahas adalah software yang dapat digunakan untuk memdukung proses alih media. Berikut adalah nama software yang dapat digunakan untuk proses alih media secara profesional :

·        Software Komersial (Licence)

1.       Adobe Photoshop. Aplikasi ini diperlukan untuk melakukan proses alih media dan pengeditan gambar sperti melakukan proses pengaturan format warna dan kekonstanan, ukuran dan konversi file.

Alamat website software http://www.adobe.com

2.     Adobe Premiere. Aplikasi ini diperlukan untuk melakukan proses alih media dan pengeditan video dan audio. Seperti melakukan proses pengalihan video dan audio klip dari hendycam dan melakukan pengeditan seperti pembuatan judul (title), penyisipan dan penghapusan klip video dan audio, pemberian efek dan konversi file video digital.

Alamat website software http://www.adobe.com

3.     Cool Edit 2000/pro. Aplikasi ini diperlukan untuk melakukan proses pengolahan dan pengeditan rekaman audio digital seperti konversi dari media kaset pita, menyesuaikan kualitas suara, menambah efek suara dan membuat berbagai format file audio digital.

Alamat website software http://www.syntrillium.com

·        Sofware Gratis (Freeware)

1.       GIMP. Merupakan aplikasi pengolah gambar dengan berbagai fungsi hampir mirip dengan software komersial Adobe Photoshop.

Untuk mendapatkan software tersebut dapat anda download melalui website http://gimp.org

2.     FastStone. Merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan dan konversi format file gambar digital. Untuk mendapatkan software tersebut dapat anda download melalui website http://faststone.org

3.     QPCard Software. merupakan aplikasi yang berfungsi untuk melakukan proses color management. Untuk enjelasan teknis dan mendapatkan aplikasi tersebut dapat anda liat melalui website http://www.qpcard.se

4.     GCStar. Merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membuat katalog koleksi sumber bahan pustaka dan melakukan proses menejemen database file digital yang dihasilkan. Untuk penjelasan lebih lanjut dan mendapatkan software yang dimaksud akses melalui alamat website http://www.gcstar.org

Sumber        : Revi Kuswara, Teguh Purwanto. 2001. Pedoman Alih Media Digital (Konsep Manajemen dan Teknis). Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

No comments:

Post a Comment